Selasa, September 06, 2016

Gunung Prau Dieng

Gunung Prau Dieng merupakan puncak tertinggi di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Menyuguhkan pemandangan sangat eksotis dan mudah dijangkau oleh wisatawan. Tak mengherankan jika belakangan ini nama Gunung Prau mulai melejit dalam dunia pariwisata Indonesia.

Gunung Prau Dieng

Sewa Tenda Dan Perlengkapan Camping Di Gunung Prau



Bagi para pendaki yang ingin mengadakan camping di Gunung Prau, tak perlu repot-repot lagi membawa semua perlengkapan dari rumah. Kami menyediakan fasilitas Sewa Tenda dan Peralatan Camping Di Gunung Prau. Berikut daftar harga sewa peralatan camping yang kami tawarkan :

Nama Barang
Harga
Flysheet 3x4 meter
10.000/malam
Tenda dome Consina Magnum 4, kapasitas 4 orang
60.000/malam
Matras almunium foil 100x190 cm (2 lembar untuk 1 tenda)
20.000/malam
Sleeping bag lapis polar waterproof
10.000/malam
Tas Carrier Consina Alpine 55 liter
30.000/malam
Bantal angin tiup
5.000/malam
Lantern solar (energi surya) LED (lampu tenda)
10.000/malam
Head lamp LED 4.800 mAh, jarak pencahayaan bisa mencapai 1.000 meter, 10 jam untuk nyala terang
15.000/malam
Cooking set (alat masak)
10.000/malam
Kompor mini windproof - Copper Stainless Steel
10.000/malam
Tabung gas mini 250 gram
20.000/tabung
Porter Gunung Prau
300.000/porter

Keindahan Gunung Prau


Jika cuaca cerah, para pendaki akan melihat pesona Golden Sunrise yang benar-benar membuat kita terperangah. Didahului dengan semburat cahaya matahari yang tampak memerahkan langit di sisi timur, laksana lautan api yang membara menyelimuti seluruh kawasan.

Pemandangan tujuh gunung di sisi timur terlihat begitu kokoh menghiasi panorama disekelilingnya. Belum lagi lautan awan yang ada di bawah puncak gunung, benar-benar merupakan sajian pemandangan yang memanjakan semua mata.

Tak puas dengan fenomena golden sunrise berlatarbelakang gunung-gunung berapi di sekitarnya? Ya, setelah cuaca benar-benar cerah, dan matahari sudah mulai meninggi, para pendaki bisa berkeliling di area puncak teletubbies.

Puncak Teletubbies Gunung Prau

Gunung Prau memang dikenal dengan puncak teletubbiesnya. Benar-benar mirip dengan suasana yang digambarkan dalam film teletubbies. Sangat berbeda dengan bukit teletubbies di gunung-gunung lain. Terlebih lagi hamparan bunga-bunga daisy (Gerbera sp.) yang menghiasi di setiap sisi permukaan bukit teletubbies.

Gunung Prau merupakan salah satu gunung di Indonesia yang memiliki potensi wisata sangat besar. Selain keindahan alamnya yang menakjubkan, juga didukung dengan jalur pendakian yang relatif mudah, sehingga cocok untuk pendaki pemula bahkan wisatawan yang notabenenya bukan pendaki sekalipun.

Tidak sedikit wisatawan yang sebelumnya tidak mengagendakan pendakian ke Gunung Prau, tetapi setelah tiba di Dieng mereka berubah pikiran dan mencoba untuk menaklukkan puncak tertinggi Dieng. Selain mudah dijangkau, rute pendakian juga tidak terlalu jauh.

Untuk pendaki pemula, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak Gunung Prau kurang lebih 3 jam. Bisa dibilang fun trekking, mendaki ceria dengan banyak istirahat, untuk memastikan semua rombongan bisa mencapai puncak.

Jalur Pendakian Gunung Prau


Terdapat sejumlah jalur pendakian Gunung Prau, beberapa diantaranya sangat populer di kalangan pendaki, karena memang lokasinya berada di wilayah Dataran Tinggi Dieng. Berikut sejumlah jalur pendakian Gunung Prau :
  • Basecamp Dwarawati, Dieng Kulon
  • Basecamp Dieng, Dieng
  • Basecamp Patak Banteng, Wonosobo
  • Basecamp Kalilembu, Wonosobo
  • Jalur Kenjuran, Kendal
  • Jalur Wates, Temanggung
  • Jalur Praten Batang

Dari ketujuh jalur tersebut, basecamp Patak Banteng termasuk yang paling populer di kalangan pendaki. Namun begitu, basecamp Dwarawati merupakan jalur yang paling mudah dilalui. Medan yang mudah dilalui, dengan jalur yang sedikit berputar, sehingga tidak begitu melelahkan. Basecamp Dwarawati sangat cocok bagi pendaki pemula atau wisatawan yang ingin menikmati pesona Golden Sunrise di puncak Gunung Prau.

Puncak Gunung Prau


Puncak Gunung Prau berada di ketinggian 2.565 mdpl, merupakan padang rumput di sisi timur, dan bukit-bukit dengan pepohonan tinggi di sisi barat. Di area padang rumput sisi timur ini terdapat bukit-bukit kecil dan sabana dengan tanaman semak atau perdu dan hanya sedikit pepohonan. Area inilah yang dikenal sebagai puncak teletubbies dan biasa dimanfaatkan oleh para pendaki untuk mendirikan tenda, menantikan datangnya moment spektakuler, Golden Sunrise.

Paket Pendakian Gunung Prau

Bagi Anda yang tidak ingin repot-repot mendaki Gunung Prau, silahkan bergabung bersama kami, Calya Wisata. Untuk memberikan kemudahan bagi para pendaki dan wisatawan, kami menyelenggarakan Paket Open Trip Pendakian Gunung Prau. Jalur yang kami pilih adalah basecamp Dwarawati. Selain mudah dilalui, sangat cocok untuk menyelenggarakan kegiatan open trip yang sebagian besar pesertanya adalah pemula. Silahkan kunjungi Paket Open Trip Gunung Prau untuk informasi lebih lengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.