Sabtu, September 03, 2016

Hutan Pinus Mangunan Jogja

Setelah kebun buah Mangunan, Hutan Pinus Mangunan menjadi destinasi wisata selanjutnya yang perlu Anda kunjungi jika berkunjung ke wilayah Imogiri, Kota Yogyakarta. Hutan pinus ini memang berdekatan dengan kebun buah Mangunan sehingga tidak sah rasanya jika berkunjung ke kebun buah Mangunan tapi tidak mampir ke Hutan Pinus Mangunan.

Hutan pinus ini menjadi favorit para wisatawan yang ingin hunting foto dengan latar belakang hutan pinus ataupun para calon pasangan yang sedang melakukan prewedding. Tak hanya itu, ada beberapa stasiun televisi yang memilih kawasan wisata ini untuk dijadikan sebagai lokasi syuting. Waktu terbaik untuk mengunjungi Hutan Pinus Mangunan ini adalah saat pagi hari. Pemandangan hutan pinus di pagi hari sangatlah indah dan memukau, selain itu hawanya pun sangat segar sehingga bisa bermanfaat bagi paru-paru.

Bertempat di kawasan yang sama dengan kebun buah Mangunan, yaitu Puncak Becici di desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk sampai ke hutan pinus ini, bisa lewat ring road selatan, dari arah Gamping. Ikuti petunjuk arah ke Parangtritis menuju Kecamatan Dlingo. Di sana akan ada papan petunjuk ke arah Kebun Buah Mangunan. Saat tiba di kawasan Kebun Buah Mangunan, tinggal mengikuti jalan lurus sekitar 1 km dari Kebun Buah Mangunan. Namun, akan ada jalan yang menanjak sehingga pengunjung harus tetap berhati-hati dalam berkendara. Agar bisa sampai di hutan pinus ini, tidak ada angkutan umum yang tersedia. Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi untuk memasuki kawasan wisata ini.

Untuk menikmati keindahan hutan pinus ini, pengunjung bebas datang kapan saja. Tidak ada biaya tiket masuk jika ingin menikmati keindahan hutan pinus ini. Walaupun demikian, setiap pengunjung dikenakan biaya parkir untuk kendaraan bermotor sekitar 2000 rupiah dan kendaraan roda empat 4000 rupiah.

Hutan Pinus Mangunan

Galery Photo Hutan Pinus Mangunan


Ada beberapa peraturan yang berlaku saat mengunjungi hutan pinus ini. Diantaranya, tidak diperbolehkan untuk membuang sampah sembarangan di kawasan hutan pinus karena akan merusak keindahan dan keasrian hutan. Selain itu, membuang puntung rokok atau korek api sembarangan juga tidak diperbolehkan karena hal ini bisa memicu kebakaran hutan. Lebih baik lagi jika tidak ada pengunjung yang merokok di kawasan ini.

Ada baiknya Anda membawa bekal makanan ataupun minuman dari rumah, sebab di kawasan wisata ini belum banyak warung yang menyediakan makanan untuk dinikmati selama menghabiskan waktu di hutan pinus ini.

Tempat menarik lainnya yang bisa dikunjungi sembari mengunjungi Hutan Pinus Mangunan adalah wisata Puncak Becici. Dari Hutan Pinus Mangunan, jalan lurus hingga menemukan pertigaan. Dari pertigaan tersebut akan ada papan petunjuk yang akan memberikan arah menuju kawasan wisata Puncak Becici.

Puncak Becici akan menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah dan memukau, ditambah lagi udara yang sangat sejuk dan aroma khas hutan pinus. Apabila beruntung, Anda bisa melihat Gunung Merapi dan Gunung Sindoro jika cuaca cerah. Selain keindahan alam yang bisa disuguhkan, disediakan juga rumah pohon dimana pengunjung bisa mengambil gambar sebanyak-banyaknya untuk diabadikan.

Satu hal yang perlu diingat jika berkunjung di kawasan wisata Hutan Pinus Mangunan dan Puncak Becici adalah tidak diperbolehkan mencoret-coret pohon dan selalu menjaga kebersihan agar keasrian dan keindahan hutan tetap terjaga. Selain itu, sebaiknya hindari merokok di kawasan hutan pinus ini, sehingga kebakaran hutan bisa dicegah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.