Jumat, September 30, 2016

Merapi Lava Tour Yogyakarta

Salah satu gunung berapi yang paling aktif di Indonesia adalah Gunung Merapi. Setelah mengalami erupsi pada tahun 2006 dan 2010, kini Kaliadem yang berada di bawah Gunung Merapi mengalami perubahan yang cukup drastis. Awalnya daerah Kaliadem merupakan hamparan tanah yang sangat luas yang ditumbuhi rerumputan dan pepohonan hijau. Wilayah ini dulunya adalah tempat yang sering digunakan untuk berkemah. Kini, wilayah itu tertimbun bekas lahar Merapi saat terjadi erupsi. Wilayah inilah yang digunakan sebagai kawasan Merapi Lava Tour Kaliadem.

Kaliadem berada di Desa Kepuharjo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman Provinsi Derah Istimewa Yogyakarta. Untuk sampai di Kaliadem, para wisatawan perlu menempuh jarak sekitar 35 km ke arah utara dari Kota Yogyakarta. Tidak tersedia transportasi umum yang bisa digunakan untuk sampai ke wilayah ini, oleh sebab itu sebaiknya gunakan kendaraan pribadi atau bisa juga dengan menyewa bus atau mobil jika Anda datang bersama rombongan.

Merapi Lava Tour

Merapi Lava Tour menawarkan kegiatan wisata ke bekas letusan Gunung Merapi. Bagi pengunjung yag mengikuti kegiatan ini, pengunjung bisa merasakan kembali betapa dahsyatnya letusan Gunung Merapi. Bukan hanya itu, para pengunjung bisa menyaksikan puncak gunung Merapi hanya dengan jarak pandang sekitar 2 km.

Dahsyatnya letusan Gunung Merapi beberapa tahun silam juga terlihat dari bunker tempat persembunyian para relawan yang meninggal saat terjadinya erupsi. Meletusnya Gunung Merapi mengakibatkan Geger Boyo tertimbun bebatuan dan lahar panas dari semburan lava Merapi. Inilah yang menyebabkan bunker yang memiliki tebal sekitar 3 meter menjadi tertimbun dan mengakibatkan dua orang relawan meninggal dunia.

Walaupun bunker itu dibangun dari beton setebal 25 cm dan pintu yang terbuat dari besi, namun panasnya material dari lava Merapi yaitu sekitar 1000°C mampu menumbangkan bunker tersebut. Saat ini, bunker yang telah tertimbun tersebut telah dibersihkan dan dicat putih. Untuk mengingatkan kembali peristiwa Merapi dan tragisnya kematian dua relawan, di depan bunker dibangun sebuah prasasti untuk mengisahkan kisah bunker tersebut.

Di wilayah Kaliadem ini juga terdapat warung makan dan minuman ringan. Jadi, jika Anda merasa lapar saat mengikuti kegiatan Merapi Lava Tour, ada baiknya Anda mampir sejenak untuk menikmati makanan atau minuman hangat di warung tersebut. Selain bisa membeli makanan dan minuman di warung tersebut, para pengunjung juga bisa membeli video dan foto saat Merapi mengalami erupsi dahsyat pada tahun 2006. Foto dan video tersebut menggambarkan proses evakuasi korban yang tertimbun material panas dalam bunker.

Mengunjungi wilayah Kaliadem pada malam hari merupakan pilihan yang menarik karena para pengunjung hanya bisa melihat lelehan lava pijar yang menuruni kubah lava pada malam hari. Pemandangan ini tentu sangat menakjubkan dan pastinya sangat menarik untuk diabadikan dalam sebuah gambar.

Jika ada pengunjung yang ingin menginap di kawasan Kaliadem ini, maka ada beberapa penginapan murah yang tersedia di sebelah barat Kaliadem. Ada warung makan yang tersedia di sekitar penginapan yang menjajakan sate kelinci, tempe bacem, dan jadah. Kesempatan ini tentu sayang untuk dilewatkan.

Biasanya, penyedia jasa Merapi Lava Tour menawarkan paket wisata lava tour yang sudah dilengkapi dengan sewa kendaraan dan penginapan di sekitar lereng Merapi. Harga paket wisatanya pun relatif murah. Oleh karena itu, jika Anda berminat untuk mengikuti kegiatan Merapi Lava Tour, pilihlah paket wisata yang menawarkan dua hal tersebut sehingga Anda tidak perlu repit-repot lagi mencari penginapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.