Senin, Oktober 17, 2016

Desa Wisata Nglinggo Yogyakarta

Tidak perlu jauh-jauh ke Jawa Barat untuk menikmati keindahan perkebunan teh, sebab di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta juga ternyata terdapat desa wisata yang memiliki perkebunan teh. Di desa wisata ini, setiap pengunjung dapat menikmati udara pegunungan yang sangat sejuk sambil melakukan tea walk atau jalan-jalan menyusuri kebun teh. Desa wisata ini adalah Desa Nglinggo.

Di Provinsi DIY, memang ada banyak desa wisata yang bisa dijadikan alternatif liburan di tengah padatnya pekerjaan. Desa wisata Nglinggo adalah salah satunya. Namun, desa wisata ini menawarkan panorama yang agak berbeda dari desa wisata lainnya karena hadirnya perkebunan teh di sekeliling desa.






Sebenarnya Nglinggo adalah nama sebuah dusun yang terletak di sebuah desa yang bernama Desa Pageharjo. Letaknya berada di wilayah Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DIY. Kawasan ini berada di kawasan pegunungan Menoreh dan juga masih satu kawasan dengan objek wisata Puncak Suroloyo.

Desa Wisata Nglinggo

Desa Nglinggo memang telah menjadi salah satu desa yang sangat menarik bagi para wisatawan. Desa ini menawarkan panorama alam seperti keindahan pegunungan, air terjun, hutan pinus, hingga pesona perkebunan teh dan kopi.

Bagi para pengunjung yang datang ke desa ini, mereka akan mendapatkan berbagai fasilitas yang sama seperti tempat wisata lainnya. Fasilitas yang ada disini seperti area parkir yang luas, warung-warung yang menjual berbagai jajanan lokal, bumi perkemahan, aula pertemuan yang bisa memuat sekitar 100 orng, dan juga fasilitas penginapan berupa homestay untuk para pengunjung yang ingin menginap. Selain itu, ada juga fasilitas layanan antar jemput tamu yang tersedia disini.






Nah, untuk paket wisata yang bisa dinikmati di desa ini sangat bermacam-macam, diantaranya wisata trekking pedesaan dimana pengunjung bisa menikmati nuansa pedesaan dan panorama alam di Menoreh pada saat matahari terbit, menikmati air terjun Watu Jonggol dan Watu Bentar, dan perkebunan teh Nglinggo.

Kebun teh yang ada di desa Nglinng terletak di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut dan bisa disusuri dengan berjalan kaki. Kebun teh ini menawarkan panorama yang sangat menarik seperti pemandangan bukit batu, hutan pinus yang sangat lebat dan asri, pemndangan lembah hijau yang serupa karpet, dan pemandangan perkampungan di Magelang dan Purworejo.

Sedangkan curug Watu Jonggol atau air terjun Watu Jonggol terletak di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Paket wisata trekking untuk mencapai air terjun ini memang sangat menantang karena lokasinya yang cukup tersembunyi. Hal inilah yang menyebabkan air terjun ini masih alami dan bebas dari tangan-tangan perusak.

Paket wisata yang juga ada di desa ini adalah wisata pertanian dimana setiap pengunjung bisa menyaksikan secara langsung proses pemetikan teh dan kopi, peternakan kambing, penderesan gula aren, dan juga pembuatan minyak atsiri.






Tak hanya itu, desa wisata Nglinggo juga sangat kaya dengan wisata budaya. Budaya yang masih tetap dilestarikan di desa ini diantaranya karawitan, jathilan, angguk, lengger tapeng, wayang kulit yang dilakukan melalui regenerasi seniman lokal yang berasal dari desa Nglinggo.

Pada paket wisata budaya ini, para pengunjung mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan atraksi kesenian yang sering ditampilkan pada event tertentu. Selain itu, pengunjung juga bisa belajar berbagai kesenian seperti belajar menari lengger, karawitan, angguk, wayang kulit, dan juga belajar membuat topeng. Bahkan, bisa sekalian belajar membatik loh. Bagaimana? Tertarik berkunjung ke desa ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.