Kamis, Oktober 06, 2016

Green Village Gedangsari Yogyakarta

Green Village Gedangsari merupakan wisata alam yang tergolong masih baru, letaknya pun tersembunyi yaitu di kawasan Pegunungan Sewu bagian utara. Walaupun demikian, kawasan wisata ini menawarkan pemandangan mempesona yang tidak kalah dengan wisata alam Kalibiru yang ada di Kulonprogo. Jika di Kalibiru terdapat wisata Waduk Sermo, maka di Green Village Gedangsari terdapat Rowo Jombor.

Green Village Gedangsari terletak di Dusun Guyangan Lor, Mertelu, Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk sampai ke kawasan wisata ini, akses jalan memang masih sulit sebab jalanan di sana masih dalam tahap pengembangan, jalanan beraspal bahkan sulit ditemukan.

Walaupun demikian, setiap wisatawan yang berminat untuk sampai ke tempat ini, akan disuguhi pemandangan yang sangat mempesona seperti suasana pedesaan yang sangat asri, area persawahan, dan juga perbukitan hijau yang nampak seperti lukisan. Jalan yang dilalui untuk sampai di desa wisata ini berbelok-belok, terkadang menanjak lalu turun kemudian menanjak lagi. Saat tiba di desa wisata ini, akan ada tulisan “Green Village Gedangsari” yang dikelilingi oleh taman yang sangat indah.

Green Village Gedangsari

Untuk menikmati pemandangan di kawasan wisata ini, setiap pengunjung tidak akan dikenai biaya retribusi, yang perlu dibayar hanya biaya parkir. Ketika memasuki desa, akan ada bangunan berjajar yang ada di sebelah barat. Bangunan tersebut di diperuntukkan untuk tempat parkir, rumah pendopo besar, kamar mandi, gedung, dan taman kecil. Terdapat juga warung di sekitar bangunan tersebut sehingga jika lelah berkeliling desa, para wisatawan bisa mampir untuk menikmati makanan dan minuman ringan yang ada disana.

Setelah itu, para wisatawan sudah bisa melanjutkan perjalanan mengelilingi bukit. Di sisi timur dan selatan, para pengunjung akan disuguhi pemandangan yang mempesona berupa pepohonan yang rindang dan hijau sehingga udara terasa sangat sejuk. Di tengah-tengah bukit, akan terlihat hamparan sawah yang luas. Adanya hamparan sawah tersebut menjadikan kawasan bukit tersebut semakin mempesona. Para penduduk desa setempat menanam pohon mangga dan jagung di sekitar sawah. Sedangkan di bagian utara, Kota Yogyakarta dan Klaten terlihat begitu jelas dari ketinggian.

Di bagian timur laut, akan terlihat pemandangan alam bebas dengan latar belakang Rowo Jombor. Pemandangan ini tidak kalah indahnya dengan pemandangan alam Waduk Sermo. Bagaikan surga dunia yang tersembunyi, pemandangan ini bisa membuat setiap orang terkagum-kagum akan keindahan ciptaan Sang Pencipta. Lanjut ke sebelah barat, dari ketinggian bukit akan terlihat desa wisata Gedangsari dan jalan menuju desa itu.

Jika pengunjung melanjutkan perjalanan hingga ke atas puncak perbukitan, maka pemandangan di sekeliling bukit akan terlihat dengan jelas. Suasana yang asri dan hening serta pemandangan yang sangat memukau bisa menjadi inspirasi dan ketenangan bagi siapa pun yang berada disana. Adanya gazebo yang disediakan di tempat tersebut membuat para pengunjung bisa menghabiskan waktu dengan duduk-duduk santai di bawah gazebo. Tempat ini sangatlah cocok bagi mereka yang ingin menenangkan pikiran.

Bagi wisatawan yang ingin menginap di desa wisata ini, maka ada beberapa rumah penduduk yang bisa dijadikan tempat menginap. Jangan lupa untuk memberi bayaran seikhlasnya kepada pemilik rumah. Jika Anda berkunjung ke desa wisata ini, ada baiknya memang jika Anda menginap. Sebab, pada saat pagi hari suasana di desa ini begitu sejuk dan panorama alamnya jauh lebih mempesona. Terlebih lagi jika Anda bisa menyaksikan matahari terbit di atas bukit. Tapi, untuk menikmati matahari terbit, Anda harus bangun subuh-subuh sekali agar Anda punya waktu agar bisa sampai ke puncak bukit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.