Kamis, September 25, 2014

Dunia Fantasi (Dufan) Ancol

Dunia Fantasi atau biasa disebut juga dengan istilah Dufan adalah tempat wisata yang terletak di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, di area seluas kurang lebih 9,5 hektare. Objek wisata ini dikembangkan dengan dengan konsep taman hiburan, dengan maskot kera bekantan, yang diresmikan pada tanggal 29 Agustus 1985. Di area objek wisata Dufan, terdapat berbagai macam wahana bermain dengan sentuhan teknologi tinggi, baik untuk anak-anak maupun dewasa. Beberapa wahana permainan bahkan benar-benar memacu adrenalin, sehingga membuat para peserta berteriak ketakutan. Dufan merupakan theme park pertama dan terbesar di Indonesia, dan telah mendapatkan ISO 9001:2008 sejak 2009.

Kawasan Yang Ada Di Dufan

Selain sebagai sarana hiburan, konsep pengembangan Dufan juga untuk membangkitkan imajinasi dan fantasi pengunjung, agar seolah-olah sedang berkeliling dunia. Oleh karena itu, zona wisata ini dibagi dalam beberapa kawasan, antara lain Kawasan Jakarta, Kawasan Kalila, Kawasan Indonesia, Kawasan Eropa, Kawasan Fantasi Hikayat, Kawasan Fantasi Yunani, Kawasan Amerika, Kawasan Istana, dan Kawasan Asia.

Wahana Permainan Di Dufan

Dilengkapi dengan berbagai macam wahana bermain yang sangat spektakuler, menghibur, imaginatif, fantastis, dan memacu adrenalin yang membuat jantung Anda berdebar-debar. Wahana permainan yang dirancang dengan teknologi tinggi, menjadikan segala seuatunya di area Dufan sangat mengagumkan. Berikut ini beberapa wahana bermain di Dunia Fantasi.






Ice Age Arctic Adventure

Ice Age Arctic Adventure merupakan wahana baru yang dikembangkan atas kerjasama antara dengan 20th Century Fox Consumer Product Amerika dan 3DBA Eropa. Di wahana ini pengunjung dapat bertemu langsung dengan tokoh-tokoh dalam film Ice Age produksi 20th Century Fox, seperti Sid, Diego, Manny, dan Scrat. Selain itu, juga dapat menyaksikan proses pencairan es di kutub utara seperti diceritakan dalam film 4 seri tersebut.

Treasureland Temple of Fire

Treasureland Temple of Fire merupakan wahana pertunjukan yang dapat membuat suasana kepada pengunjung untuk membuat khayalan seolah-olah menjadi seorang Arkeolog yang harus menyelamatkan harta karun suku Inca Maya di Temple of Fire. Pengunjung akan dibawa ke dalam sebuah petualangan untuk menyelamatakan harta karun yang dilengkapi dengan teknologi canggih dan berbagai spesial effect, seperti seperti tembakan, ledakan, api, air dan bola batu raksasa. Gedung pertunjukan ini berkapasitas penduduk hingga 1.200 orang.

Halilintar

Halilintar adalah salah satu wahana favorit di Dufan yang secara ekstrim dapat memacu adrenalin. Anda dapat merasakan sensasi seluncur dengan loop 360° serta lintasan naik turun cukup tajam dan menikung. Berkapasitas hingga 24 orang, wahana Halilintar akan membuat Anda berteriak histeris sambil berdebar kencang seolah jantung akan lepas. Cocok bagi wisatawan yang menyukai tantangan.

Dunia Fantasi (Dufan) Ancol

Tornado

Tornado bisa dibilang merupakan wahana paling atraktif yang ada di area Dufan. Tergolong wahana yang paling menegangkan, menggunakan sentuhan teknologi paling canggih diantara wahana permainan Top Spin. Wahana bermain dengan teknologi besutan Italia ini berkapasitas hingga 40 orang, yang bukan hanya menegangkan, tetapi juga sangat menghibur. Tornado tergolong wahana permainan baru, yang beroperasi semenjak tahun 2007.

Niagara-Gara

Niagara-gara adalah wahana bermain berupa perahu luncur dengan bentuk balok kayu, yang mengikuti arus air hingga ketinggian 20 meter, dan kemudian terjun seolah-olah Anda sedang mencebur mengikuti air terjun seperti di sungai-sungai Amerika. Tergolong wahan yang cukup lama sudah dioperasikan, yaitu sejak tahun 1985, dengan teknologi buatan Perancis dengan kapasitas hingga 50 orang. Wahana ini juga cukup memacu adrenalin, cocok bagi penggemar petualangan.






Istana Boneka

Istana Boneka adalah wahana bermain dengan teknologi Amerika yang telah beroperasi sejak tahun 1985 dan berkapasitas hingga 336 orang. Bangunannya menyerupai sebuah istana negeri boneka bergaya arsitektur Eropa kuno. Pengunjung dapat menjelajahi seluruh wahana menggunakan perahu yang mengikuti arus air tenang. Sembari mengapresiasikan budaya dari etnik di seluruh nusantara, bahkan dunia, pengunjung akan dengan lagu dan 600 boneka animatronik.

Hysteria

Hysteria merupakan wahana paling menegangkan setelah Tornado. Jika Anda merupakan orang yang hobi dengan aktivitas-aktivitas memacu adrenalin, silahkan untuk mencoba Hysteria. Wahana berkapasitas hingga 24 orang ini akan membawa Anda ke ketinggian 60 meter hanya dalam waktu empat detik. Bayangkan betapa jantung Anda akan berdebar dan merasakan seolah mau lepas. Penasaran dengan Hysteria? Silahkan kunjungi Dunia Fantasi di kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Arung Jeram

Ingin merasakan sensasi arung jeram tanpa harus bersusah payah mencari sungai-sungai besar? Ya, datang ke Dunia Fantasi, Anda akan menemukan wahana arung jeram yang sudah barang tentu akan membuat Anda basah kuyup. Dengan teknologi pompa air yang mampu mengalirkan air hingga 1000 liter per detik dan jeram buatan sepanjang 325 meter, tentu akan memberikan sensasi layaknya berpetualang arung jeram sungguhan. Wahana ini berteknologi Amerika yang sudah beroperasi sejak 1996.

Ubanga Banga

Ubanga banga atau mobil senggol atau sering disebut juga dengan kiddies bumper cars, merupakan wahana bermain untuk anak-anak. Beroperasi semenjak tahun 1985, dengan teknologi besutan Perancis. Wahana ini mampu menampung sekitar 40 orang.

Kalila Adventure

Sebuah wahana animatronik berkapasitas hingga 800 orang. Wahana ini memadukan kelima unsur hiburan dengan sentuhan teknologi canggih, yang meliputi musical showbiz, animatronik theater, film, sound dan special effect canggih dan science.

Rumah Miring

Rumah miring, sebuah rekayasa bangunan yang cukup unik dan dirancang sedemikian rupa sehingga mampu memanipulasi indera manusia. Karena keunikan konsep rancang bangunnya, rumah miring hingga saat ini masih menjadi salah satu wahana yang cukup populer.

Poci-Poci

Anda akan merasakan sensasi berada dalam meja makan besar dengan menaiki poci-poci, sebuah wahana yang dirancang dengan bentuk menyerupai gelas besar. Ditengah-tengah wahana juga terdapat teko besar, seolah menjadi pelengkap gelas-gelas besar di sekitarnya.






Kicir-Kicir

Konon kicir-kicir merupakan wahana paling menantang diantara wahana-wahana lain di Dufan. Ya, pengunjung akan diputar-putar di atas ketinggian 17 meter. Setidaknya akan membuat Anda merasa sedikit pusing dengan jantung berdebar. Paling seru jika dinikmati bersama keluarga atau rombongan lain secara beramai-ramai, karena Anda bisa berteriak dan mengekspresikan sensasi bersama-sama.

Alap-Alap

Alap-alap mengambil nama dari salah satu jenis burung yang suka terbang meliuk-liuk saat mencari mangsa. Memang, wahana bermain ini sangat digemari baik oleh orang tua maupun muda, karena akan dibawa meliuk disela pepohonan dengan kecepatan tinggi. Tentu sangat memacu adrenalin dan merakan petualangan yang tak terlupakan. Alap-alap beroperasi di Dufan semenjak tahun 1988 dengan sentuhan teknologi dari Jerman dan berkapasitas hingga 28 orang.

Pontang-Pontang

Pontang-pintang merupakan salah satu wahana bermain yang tergolong mampu memacu adrenalin. Anda akan dibawa berputar-putar dengan kecepatan tinggi sehingga merasa seperti terbanting ke kiri kanan. Termasuk wahana yang sangat digemari oleh remaja, terutama bagi mereka yang menyukai tantangan. Merupakan wahana bermain yang sudah lama dikenal, pertama kali diciptakan pada tahun 1938. Beroperasi di Dufan semenjak tahun 1985 dengan kapasitas hingga 24 orang. Wahana permainan ini menggunakan teknologi besutan Negeri Paman Sam.

Ontang-Anting

Ontang-anting tergolong wahana klasik, yang ditemukan pada tahun 1972 oleh Zierer. Uniknya, wahana bermain ini memiliki gaya desain Renaissance, sehingga tidak sekedar sebagai wahana untuk bersenang-senang saja, tetapi juga mengandung unsur seni yang tinggi. Pengunjung akan dibawa memutar dengan kecepatan cukup tinggi, sehingga akan membuat jantung sedikit berdebar. Mulai beroperasi di Dufan semenjak tahun 1984 yang didatangkan dari Jerman, dan berkapasitas 48 orang.

Ombang-Ombang

Wahana Ombang-Ombang menyerupai sebuah piring terbang, merupakan salah satu wahana favorit hampir di seluruh taman rekreasi bertema di seluruh dunia. Pengunjung akan merasakan sensasi gerakan berputar dikombinasikan dengan gerakan mengalun seperti ombak. Beroperasi sejak tahun 1985 dan berasal dari negeri Paman Sam dengan kapasitas 40 orang.

Rajawali

Sebuah wahana berteknologi tinggi dari Jerman Barat yang akan membawa pengunjung berputar-putar di ketinggian 25 meter. Mulai beroperasi di area Dunia Fantasi sejak tahun 1988 dan berkapasitas hingga 56 orang.

Burung Tempur

Sebuah wahana untuk anak-anak dengan konsep menyerupai Gajah Beledug. Namun wahana ini lebih disukai karena kemampuannya untuk terbang, melayang, dan berputar hingga ketinggian 15 meter. Dioperasikan sejak tahun 1988, dengan sentuhan teknologi Italia, dan berkapasitas 28 orang.

Happy Feet

Happy Feet merupakan wahana Teater Simulator yang mempertontonkan film Happy Feet dengan teknologi optik yang dapat memanipulasi indera, sehingga pengunjung akan merasakan petualangan Mumble Si Pinguin secara lebih nyata. Seolah-olah Anda benar-benar berada dalam petualangan tersebut di Benua Antartika. Ya, pertunjukan yang sangat menakjubkan.

Baku Toki

Baku Toki merupakan wahana permainan berupa bumper car untuk remaja. Tergolong wahana yang sangat digemari terutama oleh remaja pria untuk mengadu kebolehan. Bukan sekedar wahana bermain, baku toki juga syarat dengan unsur-unsur fisika, seperti hukum Newton dan hukum kekekalan momentum. Sehingga diperlukan analisis ilmiah untuk mengadu kebolehan berkendara bumper car ini. Beroperasi sejak tahun 1985 dengan mengusung teknologi Perancis, dan berkapasitas 16 orang.

Gajah Beledug

Gajah Beledug merupakan wahana anak-anak yang dikonsep sebagai versi lokal dari tokoh gajah bertelinga panjang yang mampu terbang tinggi, Flying Dumbo. Termasuk salah satu wahana lama di Dufan, beroperasi semenjak tahun 1985 dengan kapasitas 24 orang berteknologi dari Italia. Wahana ini tergolong paling favorit di kalangan anak-anak.

Kora-Kora

Kora-kora merupakan wahana bermain yang berupa ayunan dengan bentuk menyerupai perahu. Pengunjung akan diayun hingga kemiringan 90° dan kecepatan tinggi, sehingga benar-benar menegangkan dan memacu adrenalin. Semenjak dioperasikan pada tahun 1985, Kora-kora menjadi wahana favorit, terutama bagi pengunjung remaja. Wahan bermain ini berkapasitas 54 orang, dengan sentuhan teknologi dari Jerman.

Turangga Rangga

Turangga Rangga dalam dunia permainan sering disebut komedi putar. Merupakan salah satu wahana klasik. Namun jangan salah, justru wahana berkapasitas 40 kuda tunggangan ini banyak digandrungi segala usia, karena Turangga Rangga di Dunia Fantasi dilengkapi dengan ribuan lambu yang membuat meriah, sehingga mampu mengajak pengunjung memasuki area romantisme masa kanak-kanak.

Bianglala

Namanya terdengar lembut dan terkesan feminim, namun siapa sangka wahana berkapasitas 180 orang ini akan memacu adrenalin Anda dengan membawa ke ketinggian 30 meter. Bianglala merupakan sebuah kincir angin besar yang biasanya lebih ramai pengunjung pada sore hari, sambil menikmatik romantisme di atas ketinggian 30 meter bersama keluarga dan kerabat, juga dapat menikmati keindahan pantai ancol saat sore hari.

Perang Bintang

Sebuah wahana bermain yang memberikan sensasi luar biasa dalam suasana memusnahkan alien (Mantide). Anda akan mengendarai kapsul khusus untuk memburu alien, seolah-olah berada di luar angkasa, tepatnya di planet Mars. Wahana yang berkapasitas 96 orang ini pengunjung akan berlomba-lomba meraih skor tertinggi dengan semakin banyak membidik sasaran.

Parade Dunia Fantasi

Biasanya hari Minggu atau hari libur nasional, biasanya diadakan parade yang sangat spektakuler, yang melibatkan seniman, musisi, dan penari profesional. Mereka mengenakan kostum yang menarik dan spektakuler. Pada setiap Sabtu malam, biasanya diadakan Parade Listrik Dunia Fantasi. Sebuah pertunjukan dengan kekuatan lampu kelap-kelip yang menghadirkan berbagai bentuk bintang, sehingga menjadi sebuah tampilan yang sangat spektakuler pada malam hari.

Referensi :

https://www.ancol.com/destinasi/dunia-fantasi

http://id.wikipedia.org/wiki/Dunia_Fantasi




Artikel kami yang lain :

3 komentar:

  1. Kangen sama DUFAN, sebenarnya ini adalah tempat favorite bagi para remaja yang suka permain - permain yang memaju adrenalin...

    Artikel ini bakal ngangenin saya...

    Salam,
    Dedy Akas Website

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas apresiasinya. Dufan memang menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jakarta. Selain itu, tempat rekreasi keluarga ini juga menawarkan berbagai macam wahana permainan atraktif.

      Hapus
  2. makasih bos infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.